Wow, Ada Lebah Di Stadion Afrika Selatan

Posted on 5 Juli 2010

0


Sepanjang perhelatan piala dunia 2010 sampai sekarang (tulisan ini di posting, red) disetiap pertandingan selalu terdengar suara lebah di stadion. Suara yang begitu khas tapi indah dan menakutkan. Jika kita berada di hutan dan mendengar suara/bunyi ini sudah dipastikan kita akan berlindung atau bahkan lari pontang-panting karena takut di gigit sang pemilik suara yaitu lebah dimana gigitannya cukup membuat kita menginap di rumah sakit.

Namun hal ini tidak berlaku pada saat perhelatan piala dunia 2010 di Afrika Selatan. Suara lebah yang berdengung keras didalam stadion tidak membuat orang ketakutan bahkan justru menambah semangat orang-orang  terutama yang berada di dalam stadion.

Apakah lebah di Indonesia dan di Afrika Selatan Berbeda???

Tentu tidak karena suara lebah yang berdengung di dalam stadion selama pertandingan piala dunia berlangsung bukan berasal dari lebah yang sebenarnya tapi suara lebah tersebut berasal dari terompet khas Afrika Selatan yang di sebut Vuvuzela.

Inilah kehebatan Afrika Selatan. Mereka  dapat menciptakan sebuah terompet yang bunyinya menyerupai bunyi serangga khususnya lebah. Dengan bunyi tersebut bukan menakutkan para pemain yang berlaga tapi justru menambah semangat para pemain serta supporter dari masing-masing tim.

Vuvuzela berbentuk seperti terompet biasa berbahan plastik, panjang setengah hingga satu meter, bercorak warna-warni dan gampang ditenteng ke mana-mana.Tidak seperti terompet biasa,  vuvuzela tidak ditiup dengan mengatupkan bibir pada bagian ujungnya. Akan tetapi, bibir ditempelkan pada bagian ujungnya dan digetarkan saat meniupnya. Hasilnya, bunyi seperti suara lebah yang mengepung stadion apalagi bila ditiup secara bersamaan dan berirama.

Posted in: Piala Dunia